Senin, 21 Maret 2011

Satu Hewan Empat Lambung

Sapi merupakan hewan pemamah biak atau disebut juga ruminansia. Hewan pemamah biak memiliki keistimewan tersendiri, yaitu memiliki empat macam lambung dalam tubuhnya. Tiap lambung mempunyai fungsinya masing- masing.

Lambung- lambung tersebut adalah rumen (lambung besar), retikulum (lambung jala), omasum (lambung kitab), dan abomasum (lambung asam). Lambung- lambung tersebut memiliki fungsi tersendiri. Lambung yang memiliki lebih dari satu ruang ini sering pula disebut poligastrik.

Bagian- bagian lambung pemamah biak
Rumput yang dimakan sapi akan masuk ke dalam mulut dan dikunyah. Selanjutnya, makanan melewati kerongkongan, lalu ke dalam rumen dan etikulum. Di dalam kedua organ tersebut terdapat mikroba pencerna selulosa yang dikandung dalam rumput. Mikroba tersebut berperan untuk memudakan penyerapan zat- zat pada rumput di organ selanjutnya. Beberapa kali sapi mengembalikan makanan dari rumen dan etikulum ke mulut untuk dikunyah.

Setelah itu, makanan masuk ke omasum untuk menghilangkan airnya. Bagian lambung selanjutnya adalah abomasum. Di sini, rumput yang sudah dihaluskan pada organ sebelumnya, dicerna.

Selain sapi, hewan ruminansia lainnya adalah kambing, rusa, kerbau, jerapah, bison, dan lain- lain.

1 komentar:

haganlagattuta mengatakan...

Dovo Titanium Hair Cutter, 5 inch, 5 cm
Dovo Titanium titanium jewelry Hair Cutter, 5 inch, titanium drill bits 5 cm. The blade size (4.5 to 5 cm) microtouch titanium trim reviews is approximately 2cm titanium sheets long. The blade tips at the top of the handle gaggia titanium may turn

Posting Komentar